TIPS BELAJAR BAGI ANAK-ANAK

Diposting oleh Unknown on Rabu, 07 November 2012

 
Banyak sekali anak-anak sekolah saat ini belajar  hanya pada waktu ada ulangan atau ujian. Waktu yang paling tepat untuk belajar bisa di sesuaikan dengan mood dan toleransi tubuh kita,Padahal belajar itu perlu konsentrasi dan ketenangan pikiran.kita hanya perlu membaca serta menangkap apa yang tersirat dan mencoba merespon apa yang kita pelajari.janganlah belajar terlalu berlebihan ,kalo lebih bagus tiap bangun pagi kita sempatkan tuk belajar meskipun sekedar membaca saja.

    Dan ini cara belajar yang baik:

1. Membuat Perencanaan Yang Baik
kita membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kita lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan. Sesuaikan target pencapaian dengan kemampuan yang kita miliki.Buat rencana belajar yang diprioritaskan pada mata pelajaran yang lemah. Buatlah jadwal belajar yang baik.

2.Disiplin Dalam Belajar
Apabila kita telah membuat jadwal belajar maka harus dijalankan dengan baik.Sebaiknya kegiatan bermain juga dijadwalkan dengan waktu yang cukup panjang namun tidak melelahkan jika dilakukan sebelum waktu belajar. Jika bermain video game sebaiknya pilih game yang mendidik dan tidak menimbulkan rasa penasaran yang tinggi ataupun rasa kekesalan yang tinggi jika kalah tapi harus kita batasi karena bisa merusak konsentrasi belajar.

3.Belajar Dengan Serius dan Tekun
Ketika belajar di kelas konsentrasi dan catat apa yang guru jelaskan. Catat yang penting karena bisa saja hal tersebut tidak ada di buku dan nanti akan keluar saat ulangan atau ujian. Ketika waktu luang baca kembali catatan yang telah dibuat tadi dan hapalkan sambil dimengerti.

4.Rajin Membuat Catatan Intisari Pelajaran
Bagian-bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana-mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada dan di mengerti maksud dan tujuannya.


5.Menjadi Aktif Bertanya dan Ditanya
Jika ada hal yang belum jelas, maka tanyakan kepada guru, teman dan orang tua atau orang yang mengerti, Jika kita bertanya biasanya kita akan ingat jawabannya.Tawarkanlah pada teman untuk bertanya kepada kita hal-hal yang belum dia pahami tapi kita sudah menguasainya. Semakin banyak ditanya maka kita dapat semakin ingat dengan jawaban dan apabila kita juga tidak tahu jawaban yang benar, maka kita dapat membahasnya bersama-sama dengan teman. 


6.Jujur Dalam Mengerjakan Ulangan Dan Ujian
Hindari mencontek ketika sedang mengerjakan soal ulangan atau ujian.Kebohongan bagaimanapun juga tidak dapat ditutup-tutupi terus-menerus dan cenderung untuk melakukan kebohongan selanjutnya untuk menutupi kebohongan selanjutnya.kebiasaan buruk jangan di biasakan karena membohongi diri kita sendiri.

7. Belajar Kelompok
Belajar kelompok dapat menjadi kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan karena ditemani oleh teman dan berada di rumah sendiri sehingga dapat lebih santai.Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang tidak pandai jadi ketularan pintar. Dalam belajar kelompok kegiatannya adalah membahas pelajaran yang belum dipahami oleh semua atau sebagian kelompok belajar baik yang sudah dijelaskan guru maupun belum dijelaskan guru.


8.Hindari Belajar Berlebihan
Jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat biasanya kita akan panik jika belum siap. Jalan pintas yang sering dilakukan oleh pelajar yang belum siap adalah dengan belajar hingga larut malam. Sebaiknya ketika akan ujian tetap tidur tepat waktu karena jika bergadang semalaman akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan.


 saya sarankan belajar dengan niat dan kemauan yang keras karena disitu ada niat dan usaha niscayakan berhasil.Selamat belajar,semoga tercapai apa yang kamu cita-citakan.Amin


Share to friend,,,,

Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar